rumah impian

Berencana Membeli Rumah Di Jakarta? Simak Beberapa Tips Berikut Ini!

Salah satu impian yang ingin kita wujudkan tentunya memiliki sebuah rumah idaman. Dengan adanya hunian, tentu kita memiliki tempat yang aman dan nyaman bagi kehidupan kita bersama orang-orang yang kita cintai.

rumah impian

Dibalik kenyataan diatas, untuk membeli sebuah rumah terlebih di wilayah Kota Jakarta entah digunakan sebagai tempat tinggal ataupun juga sebagian masyarakat membeli rumah sebagai nilai investasi di masa depan terbilang gampang-gampang susah. Dapat dikatakan gampang jika kita mengetahui tips-tipsnya, tetapi sebaliknya, dikatakan sulit karena kita belum terlalu memahami bagaimana membeli hunian. Nah, jika kalian memiliki rencana untuk membeli sebuah tempat tinggal di Kota Metropolitan ini, agar tak salah langkah, ada baiknya kalian menyimak beberapa tips dalam membeli rumah di Jakarta. Berikut penjelasannya.

Lokasi

Hal pertama yang harus kalian perhatikan jika memiliki keinginan untuk membeli rumah di Jakarta adalah lokasi. Kita ketahui bahwa DKI Jakarta terbagi menjadi 6 wilayah, yakni Jakarta Pusat, Barat, Timur, Utara, Selatan, dan Kepulauan Seribu. Dari keenam tersebut, tentunya Jakarta Pusat yang sangat disarankan. Lantaran berada di pusat kota Jakarta, pusat pemerintahan, pusat ekonomi, dan lain sebagainya. Jakarta Pusat sendiri juga terbagi menjadi beberapa wilayah, adapun wilayah yang memiliki nilai investasi tinggi, yakni kawasan Cempaka Putih, Gambir, Senayan, Mangga Besar, Menteng.

lokasi

Namun, jika kamu memilih lokasi di pusat kota, tentunya kamu harus siap merogoh kocek dalam, lantaran harga rumah yang tinggi. Pilihlah lokasi yang tepat, yang dimana berdekatan dengan berbagai sarana dan prasana, baik itu tempat kerja kalian, maupun sekolah sang anak.

Survei Informasi Harga Properti

Harga Properti

Tentu ini langkah yang sangat penting setelah kamu menentukan lokasi hunian kamu. Sebaiknya kamu mencari tau harga pasaran rumah di lokasi tujuanmu. Kamu bisa mengetahui dengan datang ke kantor developer, ataupun mencari informasi di situs properti. Tentu ini bertujuan untuk kamu dalam mempersiapkan dana, dan mengetahui kisaran harga pasaran yang dipatok, agar tak merasa di “tipu” mengenai harga.

Datang Langsung Ke Rumah Yang Ingin Kamu Beli

detail rumah

Jika kamu mencari hunian melalui situs properti online, sebaiknya kamu langsung mendatangi hunian yang ingin kamu miliki. Jangan langsung percaya dengan foto yang nampak saat kamu melihat iklan. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui lebih detail mengenai hunian yang nantinya jadi tempat tinggal kamu bersama keluarga tercinta.

Cek Semua Dokumen

dokumen

Langkah terakhir yang tak kalah pentingnya dari ketiga langkah sebelumnya, yakni kamu harus memastikan kebenaran dan keaslian mengenai rumah yang akan kamu beli. Cek semuanya, mulai dari pajak, sertifikat rumah, administrasi bank, jasa notaris, dan lain sebagainya. Ada baiknya di langkah ini, kamu didampingi oleh pengacara ataupun notaris. Ini bertujuan agar dapat memastikan benar-benar mengenai keaslian dokumen.